NFC

Nokia, NXP and Sony bekerja sama untuk mengembangkan NFC (Near Field Communication), teknologi komunikasi jarak dekat tanpa kabel yang dikembangkan untuk ponsel.

14 operator dengan 40% pangsa pasar di dunia mendukung NFC (Vodafone, China Mobile dan 3 beberapa diantaranya). MasterCard juga mendukung program ini dengan tujuan mempermudah pembayaran.

NFC ditujukan untuk penggunaan electronic keys, electronic money, electronic wallet, electronic tickets, travel cards, identity document dan mobile commerce.

Cingular telah mencoba sejak Desember tahun lalu, bekerja sama dengan Nokia, Citigroup dan MasterCard Worldwide untuk mengembangkan MasterCard PayPass contactless payment capability. Chip ditanamkan di ponsel yang digunakan pembayar dengan mendekatkan ponsel ke card reader.

 
 

NXP adalah perusahaan semikonduktor yang didirikan oleh Philips setelah mengakuisisi VLSI Technology.

NFC bekerja pada RF band 13.56 MHz. Jarak bekerjanya maksimal 20 sentimeter, dengan transfer rate 106 kbit/s, 212 kbit/s dan 424 kbit/s. Bekerja secara pasif (seperti pasif rfid), tidak perlu menyediakan energi sendiri, hanya mengambil dari gelombang elektromagnetik initiator.


 

Link:

http://en.wikipedia.org/wiki/Near_Field_Communication, http://news.yahoo.com/s/nm/20070425/tc_nm/mobile_wallet_dc.

Comments