Belajar di internet

Sewaktu menulis skripsi, aku sangat terkaget-kaget dengan banyaknya informasi yang disediakan mengenai bahan skripsiku. Aku pernah mendapatkan perbedaan jumlah situs yang membahas topikku, concept mapping, dalam jangka waktu 2 bulan, ternyata lebih dari 2000 situs.
Ternyata tidak semua informasi tersedia gratis begitu saja. Teman satu fakultasku banyak yang menemukan kesulitan dalam menemukan tulisan dalam bentuk apapun.
Mulai belajar kembali, aku mulai menerima akses ke dalam situs yang menyediakan jurnal2 dan tulisan2, aku sadar bahwa banyak sekali informasi yang tertahan di dalamnya. Maksudku tertahan adalah tidak tersedia secara gratis. Aku pernah melaksanakan penelitian, jadi aku dapat empati kepada para peneliti tersebut, bahwa mereka memang memerlukan grant untuk melakukan penelitian mereka. Jadi aku tidak tahu penyelesaiannya, tapi nonetheless, itu adalah masalah. Penyebaran informasi tidak merata, dan itu tidak mendukung perkembangan kebudayaan yang maksimal. Sebagian dari kita, sadar atau tidak, menghalangi sisanya untuk mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang.
Untuk menghemat energi, aku akan meninggalkan pendapatku dan emosiku mengenai hal ini dan terus ke pokok permasalahan. Banyak situs yang menyediakan bahan bacaan secara gratis, beberapanya:
kecoak elektronik
ilmu komputer
atau situs besar wikipedia

Comments