10 karakter unik konsumen indonesia

by marketing (www.marketing.co.id)
1. berpikir jangka pendek - tawarkan short term benefit ie diskon
2. tidak terencana - impulse buying
3. suka berkumpul - word of mouth sangat ampuh
4. gagap teknologi - user friendly, lebih baik jadi follower (suka privacy, intimacy, fun dan suka pamer/emotional value [contoh nokia communicator])
5. orientasi pada konteks/suka dari tampilan luar - image product yang bagus daripada edukasi)
6. suka merek luar negeri - merek indonesia dipersepsi murah
7. religius - melibatkan faktor emosi berhubungan dengan agama dalam produk low involvement [makanan, minuman, obat] dibandingkan produk high involvement [elektronik]
8. gengsi - karena: suka bersosialisai, budaya feodal yang menciptakan kelas sosial mendorong pemberontakan untuk cepat pindah kelas, dan mengukur kesuksesan dengan materi dan jabatan.
9. kuat di subculture - konten lokal untuk komunikasi [terjemahkan jingle ke bahasa daerah], below the line lebih efektif, etnis juga sasaran.
10. kurang peduli lingkungan - kemas dalam bahasa sederhana dan mudah dimengerti

Comments